Serba Serbi Serai

by - Kamis, Oktober 11, 2018

Serba Serbi Serai
Gambar Via: Macaroni


serai merupakan salah satu bumbu rempah yang banyak di manfaatkan untuk mengharumkan berbagai masakan tradisional.

Nama Ilmiah: Cymbopogon citratus
Nama Sebutan: Lemon Grass
Berasal dari keluarga: Gramineae
Klasifikasi: Tanaman keras yang tidak tahan terhadap dingin
Ukuran: Mencapai 100 cm
Waktu tumbuh bunga: Awal Musim Panas
Toleransi terhadap dingin: Lemah
Ketahanan Panas: Sangat Kuat
Matahari: Cerah - terang setengah teduh

Penggunaan Serai


Banyak masakan tradisional Indonesia yang bahan bumbunya menggunakan serai. Diantaranya masakan berkuah dengan bumbu yang lengkap seperti soto, gulai, kari, hingga nasi kuning, pepes, dan sambal matah. Bagian bawah serai yang berwarna putih lebih banyak digunakan, dengan cara di geprek atau di iris halus sebelum dimasukkan ke dalam masakan. Aromanya yang mirip lemon, serai juga kerap dijadikan tambahan rasa dan aroma pada sajian teh atau kopi.

Manfaat Serai


Serai dapat disuling hinggfa menghasilkan minyak serai yang mengandung sitronela yang tidak disukai serangga terutama nyamuk, sehingga minyak serai bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk dan serangga lain. Bahkan serai juga diyakini bisa bermanfaat bagi kecantikan dengan resep tertentu dan bila dikonsumsi bersama teh menjadi lebih nikmat. Di antaranya mencairkan lemak ( menurunkan berat badan), menghambat penuaan dini dan menghilangkan vlek pada kulit.

Menyimpan Serai yang baik


Bila kita terlanjur membeli serai dengan jumlah banyak dan masih bersisa setelah memasak, tentu kita akan menyimpannya bukan? Namun jangan asal menyimpan. Pilih serai yang batangnya masih bagus dan simpan di dalam lemari es. Bila ingin digunakan sebagai irisan, kupas lapisan daun terluarnya lalu pilih bagian putihnya> Iris-iris halus serai lalu simpan di dalam wadah kedap udara.

Itulah serba serbi dari serai untuk kalian yang ingin memanfaatkan serai untuk kecantikan atau bisa juga menjadi campuran teh atau kopi untuk hasil yang lebih nikmat

You May Also Like

0 komentar